Chelsea Dikenakan Sanksi Larangan Membeli Pemain Pada Bursa Transfer

chelsea-dikenakan-sanksi-larangan-membeli-pemain-pada-bursa-transfer

Bola Tangkas Online – FIFA resmi menjatuhkan sanksi larangan untuk membeli pemain baru pada dua kali bursa transfer untuk klub Chelsea.

Chelsea dinyatakan terbukti bersalah karena melanggar aturan yang telah di buat oleh pihak FIFA perihal perekrutan pemain di bawah umur.

Hal itu menyebabkan klub milik Roman Abramovich ini tidak bisa berbelanja pemain pada bursa transfer musim panas 2019 ini dan juga bursa transfer musim dingin 2020 mendatang.

Komite disiplin FIFA menyatakan Chelsea bersalah atas 29 kasus yang melanggar 19 peraturan FIFA terkait dengan transfer pemain dengan usia dibawah 18 tahun. Selain itu Chelsea juga terbukti melakukan beberapa pelanggaran lain yang berkaitan dengan persyaratan untuk pendaftaran pemain baru.

Salah satu kesalahan The Blues adalah saat transfer Bertrand Traore pada tahun 2013. The Blues juga dua kali melanggar regulasi tentang pengaruh pihak ketiga yang tertuang dalam pasal 18bis.

Dengan kejadian tersebut, Chelsea juga mendapatkan sanksi lain yaitu didenda oleh FIFA senilai 600.000 Franc Swiss (senilai Rp8,4 miliar). Namun klub asuhan Maurizio Sarri ini diberikan 90 hari untuk memperbaiki situasi dengan para pemain yang bermasalah yang direkrut.

Meskipun terkena sanksi, Chelsea tetap masih bisa menjual pemainnya, namun mereka tidak bisa mendaftarkan pemain baru sampai 2020.

“Larangan ini berlaku untuk klub secara keseluruhan – dengan pengecualian tim wanita dan futsal – dan tidak mencegah pembebasan pemain,” demikianlah penyataaan yang dikeluarkan oleh FIFA.

Namun Chelsea bisa sedikit menhela napas karena pembelian Christian Pulisic dari Borussia Dortmund tidak akan terpengaruh dari kejadian tersebut. Pasalnya Pulisic sudah The Blues daftarkan pada Transfer Matching System FIFA pada Januari lalu.

Meskipun begitu, FIFA juga memberikan kesempatan kepada Chelsea untuk mengajukan naik banding dalam kurun waktu tiga hari ini. Mereka dapat mengajukan bandingnya dihadapan Komite Banding FIFA.

FIFA juga mengklaim bahwa sanksi tersebut adalah hasil dari penyelidikan yang telah dilangsungkan dari tiga tahun lalu.

Keputusan dari FIFA juga membuat The Blues tidak tinggal diam. Diketahui melalui situs resminya, The Blues menyatakan akan mengajukan banding terhadap sanksi yang dianggap terlalu berat.

“Keputusan tersebut memberlakukan larangan transfer selama dua periode pendaftaran serta denda senilai 600.000 francs Swiss. Chelsea FC dengan tegas membantah temuan komite disiplin FIFA dan oleh karena itu akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.” tulis pihak manajemen Chelsea.

-Agen Bola Tangkas-

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*